TIPS MERAWAT LAPTOP

Bagi yang memiliki sebuah laptop, tentu saja akan berbeda cara merawatnya dengan sebuah PC biasa. Secara umum, merawat software sama saja, namun untuk fisiknya perlu penangan khusus. Ini sangat beralasan, karena perbedaan nyata ada di fisik laptop yang mendukung fungsi mobile. Laptop memiliki dimensi lebih kecil serta arstitektur yang lebih rentan.

Disini, akan disertakan beberapa tips menjaga laptop secara fisik dari berbagai mulai dari pencurian, kerusakan cover, dsb. Dari pengalaman pribadi penulis, semoga anda dapat menghindari kesalahan-kesalahan umum.

1. Letakkan ditempat yang terjangkau dan terawasi

Ini lah hal pertama yang perlu dilakukan. Percuma jika kita memberikan perlindungan ekstra dengan berbagai perlengkapan tambahan namun diluar jangkauan kita. Dalam beberapa hal seperti perjalanan, jangan pernah meninggalkan dalam mobil. Mungkin contoh sebelumnya sudah biasa, kasus yang sering terjadi untuk anda yang aktif sebagai organizer sebuah event adalah ketika diadakan suatu acara yang memakai laptop, seperti pameran, seminar dsb. Kadang-kadang ditinggalkan begitu saja tanpa diawasi seorangpun. Hendaknya pemilik lebih waspada pada barangnya sendiri, karena ditengah kesibukan seperti itu tidak ada yang bisa benar-benar diandalkan.

2. Gunakan tas khusus berkualitas baik.

Ketika kita membeli laptop baru, sudah tentu kita akan diberikan tas bawaan sebagai bonus. Biasanya tas tersebut sudah cukup baik untuk melindungi secara fisik ketika dibawa bepergian. Tas khusus akan memiliki busa yang baik untuk meredam guncangan bahkan jika terjatuh. Pastikan juga tas tersebut memiliki jahitan tali yang kuat untuk menaggung beratnya laptop, agar nyaman dan tidak gampang lepas.
Anda juga bisa menggunakan bag cover kecil untuk membungkus laptop anda, sehingga dapat dimasukkan ke tas biasa. Bag cover juga berguna untuk mengantisipasi gesekan dengan benda lain ketika anda menggukan tas biasa yang dapat menyebabkan lecetnya chasing laptop. Jika ingin mencari tas baru, pastikan kualitasnya. Anda akan menemukan berbagai merek yang baik dipasaran seperti Targus, Polo, Bodypack dsb.

3. Gunakan kunci keamanan tambahan
Tiap laptop akan disediakan sebuah lubang untuk dipasangkan sebuah K-lock. K-lock adalah kunci pengaman khusus untuk merantai laptop agar tidak bisa dibawa jauh. Ada berbagai variasi dipasaran yang dapat anda pilih seperti, K-lock dengan sebuah kunci maupun dengan kombinasi kode.

4. Jangan pernah menekan layar LCD
Ini adalah salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan banyak pemilik laptop. LCD monitor laptop yang terdiri dari serat-serat liquid sangat rentan putus. Belum lagi lapisan layar yang sangat tipis, sangat mudah rusak bahkan pecah. Pernah terjadi layar LCD penulis sampai bocor, karena kukunya yang panjang tidak sengaja menekan layar LCD.

5. Jangan menghidupkan diatas Tempat tidur

Laptop memiliki sirkulasi pertukan udara diberbagai bagian bodynya. Sebagian ada yang berada di bagian bawah. Ketika kita meletakkan di alas yang lembut seperti tempat tidur, sofa dsb, bagian sirkulasi bawah akan tersumbat. Tentu saja ini tidak baik untuk kelangsungan kerja ketika sedang berjalan maupun umur laptop anda.

Leave a comment

Filed under mungkin kamu gak tau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s